Thursday, November 13, 2008

PGB Qatar

Pada akhir tahun 2007, Perguruan Silat PGB (Persatuan Gerak Badan) Bangau Putih mulai diperkenalkan kepada Masyarakat Indonesia di Doha Qatar oleh Beny Sya'af SE., sebagai perintis Perguruan. Beny Sya'af adalah Asisten Pelatih PGB Bangau Putih Pusat yang berpusat di Bogor, Indonesia. Pada bulan Februari 2008, Beny Sya'af mulai mengajarkan gerakan dalam jurus-jurus bangau putih di lingkungan sekitar, yang hanya diikuti oleh beberapa orang saja, sebagai bagian dari kegiatan olah raga yang memang sudah mulai banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada saat itu.
Ir. Avianto Muhtadi, Pelatih, dan dr. Citra Fitri, Asisten Pelatih PGB Bangau Putih Pusat, yang sedang dalam lawatannya ke Doha Qatar, sempat pula mengajarkan gerakan dalam jurus-jurus bangau putih dan memberikan support akan berdirinya PGB.
Maka pada tanggal 18 April 2008, bersama-sama dengan Perguruan Kempo Doha Qatar, ditampilkanlah "Atraksi dan Unjuk Gerakan" dalam acara-acara formal yang diadakan oleh KBRI (Kedutaan Besar RI) Doha, bertempat di Wisma Duta dan KBRI Doha.

Pada acara pembukaan Pertandingan Olah Raga dalam rangka memperingati HUT RI ke-63 pada tanggal 6 Juni 2008, di halaman KBRI Doha, yang dihadiri oleh sekitar 300 orang masyarakat Indonesia yang bermukim di Qatar, kembali PGB Bangau Putih menampilkan "Atraksi dan Unjuk Gerakan". Hal ini menimbulkan antusiasme masyarakat, membuat masyarakat tertarik dan ingin mengenal lebih jauh tentang PGB Bangau Putih.
Karena besarnya animo dan antusiasme masyarakat Indonesia tersebut, akhirnya pada Senin malam tanggal 23 Juni 2008, PGB Bangau Putih resmi didirikan. Peresmian dilakukan oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Doha Qatar, yaitu Bapak HM. Rozi Munir, yang dihadiri oleh sekitar 70 orang dari berbagai element masyarakat.
Peresmian PGB, juga sekaligus ditandai dengan penyematan dan pelantikan Sabuk Hijau kepada 7 orang murid Warga Persatuan.

Berdirinya PGB di Doha Qatar mendapat respon yang positif dari Guru Besar PGB, Gunawan Rahardja, dan Pimpinan Pelatih PGB Pusat di Tugu, Bogor. Maka, atas restu Guru Besar dan Pimpinan Pelatih, serta masyarakat Indonesia, mulailah dibentuk susunan kepengurusan PGB di Doha.


Salam Perguruan,
Pengurus PGB Qatar

No comments: